banner

Monday, September 19, 2016

Silabus dan RPP (Syllabus and Lesson Plan)

Dalam dunia pendidikan pastilah tidak asing dengan yang namanya kurikulum, silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Silabus adalah perangkat pembelajaran yang terstruktur sesuai dengan kurikulum dan kemudian diuraikan untuk dijadikan perencanaan pengajaran selama periode tertentu. Setelah disusunya suatu silabus, tentulah guru akan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran dalam setiap mengajar sesuai dengan silabus yang telah dibuat. Berikut adalah contoh-contoh silabus dan RPP dalam bahasa inggris yang bisa saya berikan, harap dipergunakan untuk hal yang bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu mencantumkan sumbernya

Download Syllabus dan Lesson Plan

Educational Philosophy


Hi guys, for you yang butuh referensi presentasi tentang "Branches of Philosophy". Saya punya beberapa sumber yang saya jadikan satu dalam satu file powerpoint.
Here it is..
Brances of Philosophy file download

Wednesday, February 5, 2014

Mengubah Tema Facebook

            Kawan-kawan pasti pengen tampilan media sosial terutama facebook jadi unik dan khas banget, beberapa juga ingin tampilan facebook sesuai dengan karakter dan kepribadian mereka. Nah, berikut ada kok aplikasi yang disediakan Google App untuk mengubah Tema facebook anda jadi kereeenn abis. 
                Namun, perlu diperhatikan bahwa tampilan ini hanya berlaku pribadi, jadi hanya bisa dilihat di komputer atau laptop atau tablet anda sendiri yang sudah mengunduh aplikasi tersebut.
Berikut adalah cara-cara untuk mengubah Tema Facebook :
--> Buka Google Chrome anda
--> Pada Google, carilah Chrome Web Store
--> Kemudian di Search carilah My Facebook Theme atau buka saja http://ftg.funnerapps.com/facebook dalam URL anda

--> kemudian pilih Tema yang anda inginkan dengan cara klik Apply Theme
--> Jika anda ingin membuat Tema sendiri anda bisa mengklik Create Custom Design

--> dan ini adalah contoh dari tema facebook saya


Wednesday, April 24, 2013

TIPS UNTUK JERAWAT-JERAWAT RESE YANG MENEMPEL DI WAJAH


Eh hati-hati ya buat para ladies yang suka mletetin jerawat... salah-salah jerawat bukan malah tambah hilang, eh malah kempes satu tumbuh seribu.. emang jengkelin banget ya kalau punya jerawat, disamping memperburuk penampilan, jerawat terkadang menimbulkan rasa sakit plus nyeri ketika disenggol dikit aja. So, buat para cewek-cewek kalau ingin menumpas jerawat-jerawat yang rese banget tanpa minum obat, yang nggak kepingin pakai segala macam pembersih muka, di sini ada beberapa cara atau tips pemakaian buah-buah alami buat nyingkirin benjolan-benjolan kecil nakal yang hinggap di wajah kita:

1. Kulit Jeruk dan Lemon

Kulit jeruk dan lemon punya khasiat yang nggak kalah hebat buat ngilangin jerawat, dan juga seperti yang diketahui banyak bahan dasar obat-obat jerawat banyak menggunakan jeruk dan lemon sebagai bahan. Cara pemakaiannya pun mudah sekali, cukup dengan menggiling atau menumbuk kulit jeruk sampai bener-bener halus lalu mix dengan sedikit air, setelah itu bisa langsung dioleskan di bagian wajah yang muncul jerawatnya. Biarkan hingga 10-15 menit untuk memaksimalkan khasiatnya kemudian dibilas dengan air.

2. Tomat
  Tomat memang buah kecil berwarna oranye yang tag asing untuk kita, biasanya sih buah campuran sayur atau sambal, tetapi dibalik itu semua tomat memiliki banyak manfaat seperti menghilangkan flek hitam dan jerawat. Cara penggunaanya yaitu iris tipis tomat dengan bagian yang bulat dan lebar, lalu dioles serta di usapkan dengan halus pada wajah.

 3. Pepaya
Tak kalah dengan khasiat kulit jeruk dan lemon serta tomat, pepaya pun punya manfaat yang orang lain jarang mengetahuinya. Cara pemakainnya nggak begitunsulit juga, haluskan pepaya kemudian dioleskan pada wajah yang terkena jerawat selama kurang lebih 20 menit selanjutnya bilas bersih dengan air.

 4. Alpukat
Alpukat memang paling enak dijadikan jus, karena buah ini sangat segar untuk dijadikan minuman buat kita, tetapi ada yang perlu diketahui kalau alpukat berkhasiat untuk menghilangkan jerawat, tak jarang dijadikan bahan dasar pembuatan kosmetik di pasaran. Agar lebih maksimal, biasanya alpukat dijadikan masker untuk menghilangkan jerawat yang nempel di wajah.

5. Mentimun
Mentimun sangat sering dijumpai, zat-zat yang terkandung mempunyai manfaat alami untuk menghilangkan jerawat. pemakaiannya pun tidak begitu sulit, iris mentimun sehingga berbentuk bulat lalu usapkan pada jerawat dengan perlahan, kemudian setelah beberapa menit, bilaslah dengan air bersih.

 Sekian info dan tips-tips ini, semoga bermanfaat :)

Tuesday, August 14, 2012

UBUR-UBUR (Aurelia Aurita)

Ubur-ubur adalah sejenis binatang laut yang termasuk dalam kelas Scyphozoa. Tubuhnya berbentuk payung berumbai, dapat membuat gatal pada kulit bila tersentuh. Tercatat ada sekitar 1.800 jenis ubur-ubur. Jenis ubur-ubur yang paling berbahaya adalah dari kelompok Cubozoa. Sengatan tentakelnya bisa menimbulkan kematian. Ubur-ubur yang paling mematikan dari kelompok ini adalah ubur-ubur Irukandji, yang ukurannya kecil. Ubur-ubur ini hidup di sekitar pantai Australia. berikut adalah ubur-ubur kelompok cubozoa dan Irukandji:
namun di sisi lain, ubur-ubur memiliki keunikan, keunikannya yaitu ada ubur-ubur yang seperti pelangi. warnanya indah dan beragam. ubur-ubur yang hidup di perairan Pulau Tasmania, Australia, sangat unik dengan warna-warni pelangi, merah, jingga, kuning, hijau, biru, dan ungu (mejikuhibiniu) berderet di bagian bawah tubuhnya. Saking uniknya, seorang pakar ubur- ubur pun langsung yakin bahwa ubur-ubur itu sebagai spesies baru waktu melihatnya pertama kali.Warna-warni pelangi terlihat di bagian cilia , sepasang alat tubuh mirip rambut yang bergerak serempak saat ubur- ubur berenang di perairan. Nyala pelangi tersebut tidak dihasilkan sendiri oleh tubuh ubur-ubur seperti hewan bioluminiscent , tetapi dari pantulan cahaya yang jatuh ke permukaan cilia tersebut.
namun perlu diketahui, tubuh hewan tak bertulang belakang ini sangat rapuh. Buktinya, saat terkena jaring untuk diangkat ke permukaan, tubuhnya langsung rusak. Gershwin menemukannya saat melakukan observasi menggunakan tangki khusus yang memudahkannya mengamati hewan-hewan bawah air. Ini merupakan spesies ubur- ubur ke-159 yang pernah ditemukannya.

Saturday, December 17, 2011

10 Fakta Tentang Sinar Ultraviolet

ultraviolet lightMatahari merupakan sumber energi yang sifatnya gratis dan bisa dikonversi ke bentuk energi lainnya. Tapi, bagi manusia, apakah efek cahayanya sehat untuk kulit? Mengapa kulit manusia bisa terbakar dan menjadi merah bila tersorot cahayanya? Berikut 10 fakta seputar efek sinar ultraviolet (UV) dari matahari terhadap kulit manusia.

1. Bagaimana matahari membakar kulit kita?

Ketika Anda berjemur di kursi teras, sinar ultraviolet dari matahari yang menyerang langsung ke kulit akan membunuh sel-sel yang biasanya bekerja membuat sel kulit baru.

Sinar ultraviolet A (UVA) sendiri dapat menembus kulit ke lapisan lebih dalam, tetapi kombinasi sinar UVA dan UVB justru membakar lapisan kulit luar karena energi per photon yang dikeluarkan lebih besar, yakni 8,37 eV.

2. Mengapa kulit yang terbakar memerah?

Untuk memperbaiki sel-sel yang rusak dan menyingkirkan sel-sel mati, pembuluh darah otomatis bekerja ekstra untuk menyalurkan darah lebih besar ke daerah yang terbakar. Aliran darah ini yang membuat kulit Anda berubah menjadi merah dan lebih hangat.

3. Apa efeknya bila kulit terbakar terkena sinar matahari?

Sel-sel yang rusak mengirimkan pesan ke otak, memberi sinyal bahwa mereka cedera dan mengaktivasi indera kulit untuk peka terhadap sakit. Hal ini membuat kulit kita sensitif terhadap sentuhan.

4. Mengapa warna kulit menjadi coklat?

Ketika sinar UV membakar kulit dalam, organ manusia akan memproduksi lebih banyak pigmen melanin yang menyebabkan kulit menjadi gelap. Pigmen tersebut bekerja menyerap radiasi dan melindungi sel dari kerusakan.

Kurang tepat bila kebanyakan orang ingin membuat kulit menjadi coklat dengan berjemur seharian di pantai, karena produksi melamin membutuhkan waktu cukup lama.

5. Mengapa kulit ras manusia berambut merah tidak bisa membuat kulit coklat?

Kendati melanin dapat memproteksi tubuh manusia dari radiasi sinar UV, pigmen ini juga memiliki efek yang berbahaya. Pheomelanin, tipe lain melanin yang membuat rambut menjadi merah atau kuning dan kulit menjadi terang, sebenarnya memiliki risiko kerusakan kulit lebih besar, seperti kulit terbakar bahkan kanker kulit.

6. Bagaimana cara kerja sunscreen atau sunblock?

Sunscreen/sunblock merupakan cara efektif untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB yang berpotensi merusak kulit. Secara kimiawi, sunscreen/sunblock mengandung sejumlah zat yang mampu menahan sinar UV dan memantulkannya.

7. Apakah sunblock yang mencantumkan kode SPF 30 lebih baik dibandingkan SPF 15?

Tidak sepenuhnya benar. SPF hanya sebagai indikasi berapa lama waktu yang Anda punya sebelum kulit terbakar. Misalnya, dengan menggunakan sunblock SPF 2, maka Anda dapat berjemur di bawah matahari dua kali lebih lama dibandingkan jika tidak memakainya.

Sementara itu, SPF 30 akan memberikan proteksi 30 kali lipat dibandingkan proteksi natural kulit Anda dan menangkis 97 persen sinar UVB. Bila dibandingkan, SPF 15 menyanggah sinar yang sama hingga 93 persen.

8. Mengapa manusia lebih sering berjemur di pantai?

Karena sinar matahari dapat memantul di pasir, air, dan salju, sehingga sinar yang diserap kulit berlipat. Ada pula sejumlah faktor pendorong lainnya, yakni musim panas, tengah hari, dan wilayah di sekitar garis khatulistiwa, sehingga pada situasi tersebut, produksi sinar UV adalah yang terbanyak. Kendati mendung, 80 persen sinar matahari tetap dapat menembus awan, bahkan kabut tebal.

9. Apakah kulit yang sedikit memerah menandakan Anda baik-baik saja?

Tidak. Penyorotan sinar UV dapat memutasi sel-sel kulit dan menyebabkan kanker. Perlu diketahui, manusia yang mengalami pembakaran kulit pada masa kecil dan remaja memiliki risiko terserang kanker kulit lebih besar ketika mereka dewasa. Karena melanoma memiliki waktu cukup lama untuk berkembang di dalam tubuh manusia. Efek buruk lainnya, selain kanker, adalah keriput lebih dini dan sakit mata katarak.

10. Apa cara terbaik mengobati kulit yang terbakar?

Segera konsumsi aspirin. Waktu paling baik adalah sebelum pergantian hari, karena aspirin dapat bekerja kurang dari sehari untuk mencegah kerusakan kulit lebih buruk. Selain itu, meminum air putih sebanyak-banyaknya juga dapat membantu terciptanya sel kulit baru. Bisa pula dengan mengoleskan bagian kulit yang merah dengan krim moisturizer seperti aloe vera atay hydrocortisone. Bila efeknya justru menimbulkan rasa sakit kepala, badan merinding, atau demam, segera hubungi dokter.

sumber : vivanews.com

Fakta-fakta unik tentang hujan


Di dalam hujan itu sendiri terdapat banyak fakta untuk kita ketahui, 6 diantaranya yaitu:

1. Rata-rata, kecepatan jatuh air hujan hanyalah 8-10 km/jam. Padahal seperti yang kita tahu, bahwa air hujan jatuh dari tempat yang sangat tinggi. Bila air hujan jatuh dengan kecepatan yang sangat tinggi, niscaya hujan akan melukai tubuh kita dan merusak bangunan-bangunan.

hujan

Air hujan jatuh ke bumi dengan kecepatan yang rendah karena titik hujan memiliki bentuk khusus yang meningkatkan efek gesekan atmosfer dan membantu hujan turun ke bumi dengan kecepatan yang lebih rendah. Andaikan bentuk titik hujan berbeda, atau andaikan atmosfer tidak memiliki sifat gesekan (bayangkan jika hujan terjadi seperti gelembung air yang besar yang turun dari langit), bumi akan menghadapi kehancuran setiap turun hujan.

2. Ketinggian minimum awan hujan adalah 1.200 meter. Efek yang ditimbulkan oleh satu tetes air hujan yang jatuh dari ketinggian tersebut sama dengan benda seberat 1 kg yang jatuh dari ketinggian 15 cm. Awan hujan pun dapat ditemui pada ketinggian 10.000 meter.

awan hujan

3. Dalam satu detik, kira-kira 16 juta ton air menguap dari bumi. Jumlah ini sama dengan jumlah air yang turun ke bumi dalam satu detik. Dalam satu tahun, diperkirakan jumlah ini akan mencapai 505 x 1012 ton. Air terus berputar dalam daur yang seimbang berdasarkan “takaran”.

4. Butiran air hujan berubah bentuk ratusan kali tiap detik. Kalau butiran air hujan itu dibekukan akan membentuk keping kristal yg indah, tidak seperti air biasa yang di bekukan di freezer/kulkas.

tetesan hujan 2

5. Setelah hujan turun, tanah, ilalang, rerumputan akan mengeluarkan bau wangi yg khas, senyawa ini dinamakan ‘petrichor‘.

petrichor

6. Dan fakta terakhir yang paling misterius dan mengejutkan ilmuan. Hujan memiliki kemampuan untuk menghipnotis manusia untuk meresonansi ingatan masa lalu. Dan tanpa bisa mendapatkan bukti ilmiah, para ilmuan hanya bisa menyimpulkan “Di dalam hujan, ada lagu yang hanya bisa didengar oleh mereka yang rindu”. Dan pada titik ini, para ilmuan meyakini bahwa manusia biasanya mendapatkan inspirasi.

memori hujan